Newest Post

// Posted by :Amio Akiyama // On :Selasa, 04 Februari 2014

PERANGKAT KERAS KOMPUTER
1. MOTHERBOARD

 Pengertian Motherboard:


Pengertian Motherboard adalah bagian perangkat keras komputer yang berupa papan. Dimana perangkat keras motherboard ini adalah perangkat keras yang paling utama dan sangat penting karena berisi sistem BIOS (Basic input output system), pengatur koneksi input-output(chipset), soket memory(RAM), soket kartu grafis (VGA card), soket prosessor, dan soket kartu tambahan (additional cards seperti PCI, ISA).
Fungsi Motherboard:
Fungsi Motherboard ialah sebagai pusat semua perangkat keras komputer agar semua perangkat keras komputer bisa berhubungan antara komponen yang satu dengan komponen yang lain. Sebagai contoh: processor, Memori(RAM) ,hard disk, optical drive, keyboard, mouse, monitor dan semua perangkat keras komputer dipasang dan dihubungkan menggunakan motherboard.
2. MEMORY/RAM

Pengertian Memory RAM:
Memori RAM adalah alat elektronik yang berfungsi untuk menyimpan data komputer yang bersifat sementara, dan hanya bekerja pada saat komputer hidup saja. Struktur RAM dibagi menjadi 4 bagian, yaitu:
1.             Input storage,berfungsi untuk menampung input atau masukan yang dimasukkan darialat input.
2.             Program Storage, bagian dari RAM yang berfungsi sebagai penyimpan intruksi program yang akan diakses.
3.             Working Storage, merupakan bagian dari memori yang bertugas menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.
4.            Output Storage, berfungsi untuk menampung hasil akhir dari data yang akan di tapilkan ke perangkat output.
3VGA CARD

Pengertian VGA Card:

VGA (Video Graphics Accelerator) card adalah salah satu komponen komputer yang mutlak harus ada. Fungsinya mengolah data graphis untuk ditampilkan di layar monitor. Sebetulnya VGA card merupakan satu unit “komputer mini” karena komponen ini memiliki sebuah prosesor (disebut GPU alias Graphics Processing Unit) dan membutuhkan memory juga.


Fungsi VGA Card:

Fungsi VGA Card adalah mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafik di layar monitor. Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Untuk menggambar / design graphic ataupun untuk bermain game.VGA Card sering juga disebut Card display, kartu VGA atau kartu grafis. Tempat melekatnya kartu grafis disebut slot expansi. Chipset/prosesor pada kartu VGA, banyak sekali macamnya karena tiap-tiap pabrik kartu VGA memiliki Chipset andalannya. Ada banyak produsen Chipset kartu VGA seperti NVidia, 3DFX, S3, ATi, Matrox, SiS, Cirrus Logic, Number Nine (#9), Trident, Tseng, 3D Labs, STB, OTi, dan sebagainya.


4. SOUND CARD

Pengertian Sound Card:

Sound Card adalah perangkat keras computer yang berfungsi untuk mengolah data berupa audio atau suara. Sound Card dibedakan menjadi dua jenis berdarsarkan fisiknya. Sound card memiliki format tata suara yang mendukung system keluaran suara. Sound Card merupakan Salah satu komponen multimedia yang tentu saja berperan adalah sound card atau kartu suara. Disebut demikian karena perangkat yang berbentuk sebuah lempengan PCB ini mampu mengolah dan menghasilkan suara. Sebuah sound card memiliki output yang harus terhubung ke speaker.
Fungsi Sound Card:

    Sound Card atau yang lebih kita kenal dengan Kartu Suara adalah Periferal yang terhubung ke slot ISA atau PCI pada Motherboard yang memungkinkan komputer untuk memasukkan input, memproses, dan menghantarkan data berupa suara
.(sumber:yogie-share.blogspot.com)
5. PROCESSOR

Pengertian Processor:
Pengertian Processor adalah komponen komputer yang meupakan sebagai otak yang mejalankan proses dan pengendali kerja komputer dengan bekerjasama prangkat komputer lainnya, satuan kecepatan dalam Processor adalah Mhz (Mega Heartz) atau Ghz (Giga Heartz) dengan semakin besar kecepatan suatu Processor makan akan semakin cepat kinerja komputer saat melakukan proses, dengan kapasitas processor yang besar dan didukung oleh memori atau ram yang besar juga akan membantu setiap pengerjaan intruksi dengan cepat
Fungsi Processor:
Fungsi utama Processor (CPU) adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti papan tombol, pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus. CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer. Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpan, seperti cakram keras, disket, cakram padat, maupun pita perekam. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada memori fisik (MAA), yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada MAA dengan menentukan alamat data yang dikehendaki.

DONE!!

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

// Copyright © Hello! Welcome to my blog! //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //